Resmi IPO, Mastersystem Tawarkan 470.823.600 Saham Baru


PT Mastersystem Infotama Tbk resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan menawarkan 15% saham baru

Share It

Written by:
Marcomm MSI

Rabu 8 November 2023, saham PT Mastersystem Infotama Tbk (“Mastersystem”, atau “Perseroan”, kode saham: “MSTI”) hari ini resmi dicatatkan pada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sesuai dengan surat Persetujuan Pencatatan Efek tertanggal 3 November 2023, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 31 Oktober 2023.

Adapun saham yang dicatatkan sebanyak 15% (lima belas persen) saham baru atau sebanyak 470.823.600 saham dengan harga penawaran Rp 1.355 per saham. Selama proses penawaran saham, Perseroan mengalami oversubscribe saham sebesar lebih dari 25 kali.

Dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham akan digunakan untuk pembayaran sebagian pokok utang kepada bank sebesar Rp 101,5 Miliar dan selebihnya untuk keperluan modal kerja Perseroan untuk pembiayaan kegiatan operasional.

Mastersystem mengadakan Program Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation atau program ESA) dengan mengalokasikan sebesar 6.357.600 saham biasa atas nama atau sebesar 1,35% (satu koma tiga puluh lima persen) dari jumlah saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham.

Selain itu, terdapat juga Program Opsi Kepemilikan Saham kepada manajemen dan karyawan (Management Employee Stock Option Program atau Program MESOP) dengan menerbitkan Saham Baru sebanyak-banyaknya 80.040.000 saham biasa atas nama atau sebesar-besarnya 3% (tiga persen) dari modal ditempatkan dan disetor yang tercantum pada anggaran dasar Perseroan, pada harga pelaksanaan yang ditentukan dengan mengacu pada ketentuan Lampiran II Peraturan Pencatatan Bursa Efek.

Eddy Anthony, Presiden Direktur Mastersystem, menyatakan sebagai perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang “Kami berkomitmen memberikan kesempatan kepada masyarakat agar mendapatkan tambahan opsi memiliki saham di sektor teknologi dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang Mastersystem serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan-pelanggan setia kami. Kami juga berusaha untuk mencapai standar Corporate Governance yang lebih tinggi”.

 

Tentang Mastersystem

Mastersystem memiliki pengalaman operasi hampir 30 tahun dan saat ini merupakan perusahaan penyedia layanan system integration terkemuka yang memberikan layanan menyeluruh untuk pelanggan dengan merencanakan, mendesain, mengimplementasi dan mengoptimasi infrastruktur Teknologi Informasi dan menawarkan solusi inovatif yang mendukung pencapaian efisiensi, skalabilitas dan produktivitas yang meningkat, sehingga pelanggan dapat mencapai pertumbuhan kegiatan usaha yang berkelanjutan. Termasuk dalam solusi inovatif yang ada dalam portofolio layanan Perseroan di antaranya data center and cloud infrastructure, enterprise collaboration, digital business management, big data and analytics, adaptive security architecture dan telecommunication. 

Perseroan telah mengembangkan Intellectual Property (IP) yang dibuat secara mandiri untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan Mastersystem.

Perseroan bergerak pada segmen pasar terutama di industri Keuangan dan Telekomunikasi dan didukung oleh mitra prinsipal kelas dunia diantaranya Cisco, IBM, F5, VMware, dan Amazon Web Services (AWS). Perseroan menjadi partner Platinum IBM yang berkomitmen dalam mission-critical workload (IBM Power dan LinuxONE) dan dapat diaplikasikan pada bisnis lintas sektor di Indonesia.

Prestasi Mastersystem telah diakui di tingkat internasional seperti antara lain ASEAN Cisco Partner of The Year selama 4 tahun berturut-turut (2020-2023) dimana untuk penghargaan ke 4 ini baru saja diterima 6 November 2023 di Cisco Partner Summit, Miami (Florida - Amerika Serikat), 3 kali mendapatkan Cisco ASEAN Partner Innovation Challenge, bahkan telah diakui sebagai Cisco World Wide Service Provider Partner of the Year (Mass Scale Infrastructure) pada tahun 2022. Selain itu Mastersystem juga mendapatkan penghargaan dari beberapa prinsipal seperti F5 Security Sales Champion Partner 2020, dan VMware Industry Award (FSI) of the Year 2023. 

Artikel Lainnya

  1. IDX 
  2. CNBC
  3. RCTI Plus
  4. Investor
  5. BeritaSatu
  6. Eljohnnews
Lihat Dokumen Prospektus

Latest Update

Copyright © 2024 PT Mastersystem Infotama Tbk